Sepeda motor kini mungkin menjadi
salah satu alat trasportasi yang paling diminati di dunia khususnya di
Indonesia. Coba kalian perhatikan di jalan raya, begitu banyak sepeda motor
yang melintas atau yang sedang antre saat lampu merah sedang menyala.
Tahukah kalian darimana asalnya
sepeda motor, siapa-siapa saja yang berperan dalam perkembangan sepeda motor
dan bagaimana sejarahnya hingga sepeda motor masuk ke Indonesia?
Ada tiga orang yang diakui sebagai
penemu sepeda motor yaitu, Ernest Michaux ( Perancis), Edward Butler (Inggris),
dan Gottlieb Daimler (Jerman). Sepeda motor pertama kali dirancang pada tahun
1868 oleh Ernest Michaux berkebangsaan Perancis. Pada waktu itu,tenaga
penggerak yang direncanakannya adalah mesin uap namun proyek ini tidak
berhasil. Kemudian pada tahun 1885 Edward Butler mencoba menyempurnakannya
dengan membuat kendaraan lain yang mempergunakan tiga roda dan digerakan dengan
menggunakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.
Pada tahun 1885 seorang ahli mesin
Jerman Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach menjadi perakit motor
pertama kali di dunia. Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil
pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan
belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Kemudian sepeda kayu
bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car).
Pada waktu itu jenis kendaraan ini
belum dikenal masyarakat banyak. Sampai pada tahun 1892, Henry Hilderband dari
Munich, Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor model baru. Dan disusul lagi
oleh Werner Brothers pada tahun 1897. Sepeda motor pertama yang dijual untuk
umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen,
Jerman pada tahun 1893. Roda belakang sepeda motor ini digerakkan langsung oleh
kruk as (crankshaft).
Pada tahun 1895 sepeda motor pertama
kali masuk ke Amerika Serikat, tepatnya ke kota New York. Pada tahun yang sama,
seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan
sepeda motor yang didesain sendiri. Pada akhirnya Pennington dianggap sebagai
orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor).
Pada tahun yang sama, Triumph,
sebuah perusahaan pembuat sepeda di Inggris memutuskan untuk membuat sepeda
motor. Empat tahun sesudahnya, 1902, perusahaan itu memproduksi sepeda motornya
yang pertama namun masih menggunakan mesin dari Belgia. Kemudian pada tahun
1905, Triumph memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri.
Tahun 1903, William S Harley dan
sahabatnya, Arthur Davidson, memproduksi sepeda motor di Milwaukee, Amerika
Serikat, dan menamakan sepeda motor itu Harley Davidson. Tahun 1904, perusahaan
Amerika Serikat lain, Indian Motorcycle Manufacturing Company, yang berlokasi
di Springfield, Massachusetts, muncul dengan sepeda motor Indian Single.
Kemudian sampai Perang Dunia I
(1914-1918), perusahaan ini menjadi pabrik sepeda motor dengan produksi yang
terbesar di dunia. Indian Motorcycle Manufacturing Company tutup pada tahun
1953 dan merek Indian diambil alih oleh Royal Enfield.
Setelah Perang Dunia I sampai tahun
1928, perusahaan yang memproduksi sepeda motor terbesar di dunia adalah Harley
Davidson. Pada tahun 1921, sepeda motor BMW hadir dengan roda belakang yang
digerakkan menggunakan koppel (shaft drive). Pada tahun 1930-an ada sekitar 80
merek sepeda motor di Inggris, di antaranya Norton, Triumph, AJS, dan
merek-merek lainnya yang tidak begitu terkenal, seperti New Gerrard, NUT, SOS,
Chell, dan Whitwood.
Perkembangan sepeda motor di Eropa,
juga dipicu oleh Perang Dunia II (1939-1945), di mana sepeda motor dibuat untuk
keperluan militer. Seusai Perang Dunia II, tahun 1946, desainer Italia,
Piaggio, memperkenalkan skuter Vespa dan langsung menarik perhatian dunia.
Pada tahun 1949, Honda memproduksi
sepeda motor dengan mesin dua langkah. Namun, suara mesin dua langkah yang
berisik dan asap yang berbau tajam yang keluar dari knalpot membuat Honda
mengembangkan mesin empat langkah.
Tahun 1951, BSA Group (Inggris) membeli
Triumph Motorcycles dan menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia.
Kemudian kedudukan BSA diambil alih oleh NSU (Jerman) tahun 1955. Namun, sejak
tahun 1970-an hingga kini, Honda tercatat sebagai produsen sepeda motor
terbesar di dunia.
Tahun 1952, Honda memproduksi sepeda
motor bebek yang dikenal dengan nama cub. Kepopuleran sepeda motor jenis bebek
ini membuat perusahaan sepeda motor asal Jepang lainnya seperti Kawasaki,
Yamaha, dan Suzuki meniru model sepeda motor jenis bebek ini.
Sosok yang menarik, mesin yang
handal dan mudah dirawat, serta harga yang bersaing membuat sepeda motor asal
Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki, sangat populer dan sampai
kini mendominasi pasar sepeda motor dunia. Namun, nama-nama Harley Davidson tetaplah
merupakan sepeda motor yang populer, terutama di Amerika Serikat. Demikian juga
dengan BMW, Triumph, dan Ducati.
Sepeda motor pertama kali masuk ke
Indonesia pada tahun 1893. Sepeda motor tersebut dibeli oleh John C Potter,
seorang masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur. Ia
memesan sendiri sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen.
Nah, sekarang kalian jadi tahu kan
sejarah sepeda motor di dunia. Bagaimana dengan sejarah transportasi jenis
lainnya? Ayo jelajahi lagi website ini yah…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar